Belajar Berinvestasi Tanah atau Properti

Investasi tanah atau properti semuanya menjanjikan banyak sekali keuntungan. Akan tetapi, para investor harus jeli atau bisa melihat semua kelebihan dan kekurangan dari investasi yang dijalankan. Karena jika para investor tidak jeli melihat kelebihan dan kelemahan investasinya, maka yang akan diperoleh bukan keuntungan tetapi malah kerugian.

Investasi tanah atau properti
Investasi tanah atau properti


Tentu semua investor tidak pernah mau merasakan rugi. Oleh karena itu, jika Anda tidak mau meraskan rugi. Maka simak ulasan berikut, karena ulasan yang akan disampaikan ini adalah beberapa cara dan tips untuk menjalankan investasi tanah atau properti.

Investasi Tanah

Sebelum menginvestasikan uang dalam bentuk tanah yang perlu diperhatikan adalah pastikan dulu legalitas tanah tersebut. Salah satu cara melihat legalitas suatu tanah adalah dengan melihat dari nama yang tertera dalam sertifikat tanah sesuai dengan identitas pemilik tanah. 

Selain identitas sertifikat tanah itu sesuai dengan identitas pemilik, yang perlu diperhatikan adalah tanah tersebut dalam keadaan clean, artinya tanah yang akan Anda beli ini tidak sedang digunakan untuk kegiatan lain semisal kegiatan ekonomi oleh orang lain. 

Setelah itu, pastikan pula ukuran tanah yang tertera dalam sertifikat tanah ini sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan. Itulah hal hal yang harus diperhatikan sebelum membeli tanah untuk investasi tanah.

Investasi tanah kavling juga memiliki banyak keuntungan seperti harga tanah yang selalu meningkat setiap tahunya, tanah ini tidak mengenal yang namanya inflasi dan tidak membutuhkan biaya perawatan.

Apabila Anda ingin memperoleh keuntungan yang lebih dalam investasi tanah ini, maka pilihlah tanah yang letaknya stragis artinya dekat dengan keramaian dan pusat bisnis. Karena letak tanah yang strategis ini memiliki harga yang bisa meningkat 200% dalam jangka waktu tertentu.

Itulah beberapa keuntungan dan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi tanah. Selanjutnya, untuk melengkapi wawasan Anda agar tidak mengalami kerugian saat menjalankan investasi tanah atau properti, berikut ini adalah ulasan singkat tentang investasi properti.

Investasi Properti

Investasi properti merupakan salah satu bisnis yang sangat menggiurkan, karena bisnis properti ini menjanjikan banyak sekali keuntungan. Akan tetapi, bisnis yang menggiurkan banyak orang ini punya resiko tumbang atau bangkrut di tengah jalan.

Maka dari itu, jika Anda tidak mau tumbang atau bangrut di tengah jalan yang perlu diperhatikan adalah harus faham dan menguasai investasi properti ini. Karena bisnis ini membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang banyak.

Langkah pertama sebelum menjalankan investasi properti adalah tentukan dulu tujuan dari investasi yang Anda ingin jalankan. Semisal, ingin mendapatkan pemasukan 5 juta perbulan secara rutin atau membeli properti yang harganya murah tapi diprediksi harganya akan meningkat 10 kali lipat dalam jangka waktu 5 tahun.

Setelah menemukan tujuan investasi, kemudian pilihlah jenis properti yang bisa mencapai tujuan tersebut semisal membeli rumah tinggal, bangunan komersial, ruko, kost – kostan dan apartemen.

Kemudian, setelah tujuan dan jenis properti telah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah mencari sebanyak banyaknya informasi tentang kondisi properti tersebut. Informasi ini bisa tentang lokasi, akses, tingkat kenaikan harga, fasilitas dan segala kelebihan maupun kelemahan dari properti tersebut. Informasi ini sangat berguna untuk mencegah atau mengantisipasi resiko yang tidak diinginkan seperti mengalami kerugian.

Investasi properti juga banyak menjanjikan keuntungan. Salah satu keuntungan dari investasi ini adalah resiko mengalami kegagalan lebih kecil dibandingkan dengan jenis investasi yang lain. Karena Anda bisa mengelola investasi ini sendiri tanpa campur tangan orang lain.

Itulah ulasan singkat tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam investasi tanah atau properti. Semoga dengan informasi yang singkat tersebut, bisa menambah wawasan bagi Anda, sehingga usaha yang akan dijalankan bisa sukses.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
January 15, 2016 at 12:22 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar